catatanku

Selasa, 15 Februari 2011

Dark Forest Mystery (DFM) part 3

Nama Lima Orang (sudut pandang Yuka)


Sepulang dari sekolah keirinkan kami memutuskan untuk membuat janji dengan seseorang di kafe yang teletak tidak jauh dari kantor kepolisian di kyoto. Namanya adalah Tadao Kinouchi. Dua belas tahun yang lalu dia menjabat sebagai pembantu Inspektur Polisi. Sekarang dia sudah pensiun dari kepolisian. Dialah yang bertanggung jawab menangani kasus tewasnya Satoru 12 tahun yang lalu.
"Nama kelima orang yang tinggal diasrama? saya betul-betul minta maaf, saya tidak ingat.?"jawannya.
"Jangan meminta maaf seperi itu. Justru kami yang merasa telah menyusahkan anda. Tapi anda masih benar2 ingat dengan kejadian 12 tahun yg laluitu kan?kata keiichiri.
"Kalau kasusnya biasa2 saja, biasanya saya lupa tapi kasus itu memang berbeda. Saat itu saya berusaha untuk tidak membuat kesalahan dalam penyelidikan makanya saya menyelidikinya denagn sungguh-sungguh. Akhirnya hasil dari penyelidikan kami menyatakan bahwa peristiwa tersebut murni kecelakaan semata. Saat itu saya merasa ada yang aneh."sahut Kinouchi-san.
"Seperti apa."
"Diameter kolam itu tidak sampai 100 meter. Kedalamannya hanya 1 meter saja. Saat korban di temukan , lokasi itu terendam air sekitar 80 cm saja."
"Berarti dia tenggelam di tempat yang dangkal?"
"Badannya tidak benar2 terendam air. telinganya kemasukan air. mungkin dia kehilangan keseimbangan dan terpeleset. Jika pada saat terpeleset mukanya menghadap ke atas mungkin saja dia selamat. Dokter yang mengotopsi Satoru juga mengamatilokasi kejadian. Katanya Satoru tidak bisa berenang."
"Apakah ada bekas2 perkelahian di sekitar kolam itu.?
"Tidak ada. Daerah sekitar kolam itu di tumbuhi rumput. Tidak ada bekas gulatan atau semacamnya bahkan kmai tidak menemukan jejak kaki. Kami juga memeriksa pakaian Satoru, saat mengotopsi Satoru kami juga tidak menemukan sisa2 kulit orang di kuku satoru."jelas KInouchi-san.
"Bagaimana waktu kematian satoru?"
"Diperkirakan antara pukul 16.00-17.00."
"Bagaimana tingkah laku Satoru pada hari kejadian tersebut?"
"Pada hari itu dia tampak biasa-biasa saja."
"Apa ada kemungkinan dia bunuh diri. Apakah telah di periksa kemungkinan itu?"
"Kami sudah memeriksanya. Satoru itu siswa yang patuh. Dia juga bukan tipe orang yang gampang berteman. Kami juga tidak menemukan catatan hariannya yang mungkin berisi tentang hal2 yg membuat dia bunuh diri, jadi kami pikir peristiwa ini bukanlah bunuh diri."
"Apa mungkin ini adalah kasus pembunuhan?"tanya keiichiro.
Mendengar pertanyaan Keiichiro itu, Kinouchi-san nampak kaget.
"Tentu saja hal itu terpikirkan oleh kami, jika peristiwa itu merupakan kasus pembunuhan , pasti akan menimbulkan kegemparan. Kami memperkirakan orang2 yng mungkin kami curigai. tapi tidak seorangpun yang bisa di curigai. Sekolah Keirinkan adalah sekolah favorit, peraturan juga ketat bahkan ada penjaga yang menjaga gerbang sekolah dan pagarnya pun juga cukup tinggi. Sehinggga tidak mudah bagi penyusup untuk masuk ke sekolah.
Yang bisa masuk ke lingkungan sekolah hanyalah para siswa, para guru, dan pegawai sekolah saja, Katanya pada waktu itu ada pengunjung yang datang seorang ibu dan anak."
"Seorang ibu dan anak?"
"Ya. mereka adalah ibu dan anaknya yang sebaya pelajar SMP. Tapi sepertinya mereka tidak aada hubungannya dengan kasus ini. Menurut penjual makanan di sekitar sekolah mereka datang tengah hari. Tidak lama, hanya sebenter saja, lalu pulang.
"saya tahu apa tujuan anda menyelidiki kecelakaan itu. Tapi tidak di ragukan lagi bahwa peristiwa itu hanyalah kecelakaan semata. Anggap ucapanku hanya nasehat agar kalian tidak susah payah menyelidiki kasus itu."ujar Kinouchi-san.
"Jika mau jujur...Sebenarnya saat saya datang ke lokasi kejadian, saya merasakan ada sesuatu yang tidak beres...(udah tahu tidak beres, di beresin donk...hehehehe)"
Kami semua jadi bingung.
"Saya tahu anda tidak dapat mengatakannya dengan gampang, ada sesuatu yang tidak bisa anda pahami, apa itu sesuatu yang mencurigakan.?"tanya keijiro.
"Bukan...bukan hal yang seperti itu...peristiwa itu hanyalah kecelakaan semata. Jika memang ada yang mencurigakan saya akan mengusutnya sampai kemana pun. Hanya saja... Tempat itu terkesan sebagai tempat yang membawa sial. Saya meyakini bahwa peristiwa itu adalah kecelakaan. Tapi suasana lokasi kajadian itu membuat saya merasa telah terjadi sesuatu yang keji di tempat itu. Mungkin itu pengaruh dari ketidak mampuan seorang detektif."ujar Kinouchi-san.

***
Sekarang sesuai dengan rencana kami akan mengunjungi Harumi Shinozaki. setibanya di sana kami d sunguhi minuman sejenis teh. Dia pun menceritakan kejadian dari pertama dia bertemu dengan Satoru hingga Satoru tewas. Dan ternyata Satoru berteman dengan Honda. Kami pun menangakan perihal tentang siswa yang tinggal di asrama pada waktu itu dan mengejutkan sekali karena Shinozaki-san masih ingat nama2 tersebut padahal sudah 12 tahun berlalu. dan lebih menyejutkan lagi kelima siswa itu sesuai dengan inisialnya dengan catatan itu tapi tidak ada yang inisial SH... ini lah yang mengganggu penyelidikan kami. Kami pun di perbolehkanuntuk melihat album photo kelas 2A sewaktu kelulusannya. Dari situ Shinozaki-san bercerita tentang murid2nya.
"Seperti Satoru, orangtua Takumi juga bercerai. Hak perwakilan jatuh ketangan ibunya, ibunya berasal dari keluarga yang sangat kaya. Takumi adalah siswa terpandai di kelas. Tapi dia agak aneh, duka berlagak linglung baik kepada temansekelasnya maupun terhadap guru2nya. Saya tidak tahu apakah dia hanya bercanda atau serius. Sedangkan Takuya Haga, dia siswa yang sopan, tidak suka melibatkan temannya dalam berbuat kejahatan. JIka di tegur dia hanya diam saja. Ayahnya pengelola perusahaan besar. Hubungan Takuya dengan ibu tirinya tidak begitu baik. KAlau MAsataka berasal dari keluarga sederhana. DanYo Hasekura, Keluaganya memiliki perusahaan pembuat tahu. Orangtuanya sangat terbuka. Yang terakhir adalah Toshifumi, dia adalah siswa yang sangat menarik danjuga pintar. Keluarganya adalah pedagang permata, ibunya seorang wanita yang baik dan ulet."
"Apakah anda tahu alamat terbaru ke-5 siswa tersebut?"
Shinozaki-san memberikan sbuah buku tebal, itu adalah buku alumni.
"Semoga buku ini bermanfaat!"
"Anu... Apakah masih ada foto Satoru Kai?"tanya Akira.
Kami tiak menyangka Akira akan menanyakan hal itu.
"Maaf... keluar begitu saja dari mulutku tapi..."
"Tidak apa2. HAl itu penting juga. Foto Satoru juga penting."kata shinozaki-san
Kemudian Shinozaki-san mengeluarkan sebuah album besar.
"Ini adalah Satoru. Foto ini di ambil saat para siswa pergi ke Nara pada musim semi."
Setelah itu kamiminta diri(pamit maksudnya)




(ok... sekrang menjelaskan photo)
  1. Atas pojok kanan TH
  2. Atas pojok kiri TR
  3. Tengah2 SK
  4. Disebelah SK...YH (berambut putih agak buram nggk klihatan/samar2)
  5. bawah pojok kiri TK
  6. bawah pojok kanan MS
"Ada kemajuan ya, tapi saat ini inisial SH tidak kita temukan dalam daftar nama kelas 2A. Dan menurut daftar kelia orangitu tinggal di kyoto. Kami pulang kehotel tempat kami menginap dengan menggunakan 2 mobil yang terpisah. Selama dalam perjalanan, keijiromencoba untuk menelpon tempat kerja kelima orangtersebut dengan telpon genggamnya. entah mengapa aku merasa perasaanku terasa sangat aneh. Besok kami akan menamui kelima orangtersebut. Mungkin pembunuh Satoru dintara dari kelima orangtersebut. Siapakah gerangan pembunuh itu?

TBC...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar